27 Desember 2012

Kesepian Sebabkan Tekanan Darah Naik

 
KESEPIAN biasanya dialami seseorang di dalam kehidupannya. Hati-hati, faktanya kesepian bisa bikin tekanan darah meningkat. Seperti apa?

Di antara orang-orang berusia di atas 50 tahun, yang diteliti di University of Chicago, mereka yang paling kesepian mempunyai tekanan darah hingga 30 poin lebih tinggi daripada yang tidak kesepian. Semakin kesepian seseorang, semakin tinggi tekanan darahnya, sebagaimana dilansir Robert E. Kowalski dari Terapi Hipertensi.

Para peneliti menyimpulkan bahwa kesendirian berdampak buruk bagi kesehatan jantung sebagaimana kegemukan atau gaya hidup pasif. Seorang penyendiri cenderung gemuk sebagai akibat dari pola makan dan gaya hidup pasif, mungkin disebabkan oleh sedikitnya teman untuk diajak beraktivitas secara fisik.

Penelitian sebelumnya menyimpulkan bahwa sebanyak 11 juta orang Amerika di atas usia 50 tahun sering merasa terisolasi, ditinggalkan atau tidak punya teman.

Tahap berikutnya dari penelitian itu adalah menentukan manfaat potensial dari berkurangnya rasa kesepian, yang diukur dengan tekanan darah.

Apabila Anda merasa menjadi bagian dari kelompok penyendiri, cobalah untuk sepenuhnya mengisi kekosongan hidup Anda. Jangan biarkan diri Anda terperosok dalam rasa egoistis atau putus asa.
 
Sumber : Klik Disini Ya

0 komentar:

Posting Komentar