27 Desember 2012

Memilih Ban Sepeda MTB

 
Membeli ban sepeda tidak terlalu rumit. Tetapi ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Jenis sepeda dan jenis berkendara (off road, balap, commuter) mempengaruhi pemilihan jenis ban sehingga memberikan performa yang baik. Ini beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.
Tahu Ukuran Ban yang Dibutuhkan – Dimensi 
 
Ukuran ban standar untuk sepeda dewasa seperti sepeda gunung, hibrid dan lain lain biasanya antara 26 atau 27 inch, yang merupakan ukuran luar diameter ban. Sekarang roda ban berukuran metric, antara 650 mm atau 700 mm umumnya. BMX biasanya 20 inch.
Size ban nampak pada bagian samping ban. 

Tahu Ukuran Ban yang Dibutuhkan – Lebar 
 
Komponen lain dari ban adalah lebar. Contoh “balloon” ban adalah “26 x 2.125″. Artinya 26 inci di diameter dan lebar 2.125.
Kebanyakan ban sepeda gunung dan hibrid antara 26 x 1.5, tapi ukuran tertentu akan berbeda tergantung jenis berkendaranya.
Sepeda balap mempunyai ban berukuran 700 x 23 yang biasa untuk kecepatan tinggi, artinya 700 mm di diameter dan 23 mm lebarnya. 

Jenis Kembangan /Tread Type

Jenis kembangan sangat berkaitan dengan permukaan jalan. Ban tanpa kembangan sangat baik buat perlombaan, karena mempunyai minimum kontak dengan jalanan.
Ban ban kembangan menonjol seperti pada sepeda gunung berbeda lagi. Ban tersebut cocok untuk trek basah atau berlumpur, tapi membutuhkan tenaga lebih untuk mengayuh karena lebih banyak kontak dengan jalanan.
Kebanyakan biker, terutama yang dijalanan, akan menginginkan ban dengan kembangan halus. Sedikit kembangan tidak masalah, tapi akan melambatkan sepeda dan lebih banyak tenaga untuk mengayuh.

Daya Tahan Ban 
 
Faktor utama yang diperhatikan adalah daya tahan ban. Jika kamu adalah yang setiap hari menggunakan sepeda, menempuh jarak jauh melewati jalan yang mungkin ada kaca, paku dijalurnya, tentu saja harus membeli lebih mahal untuk jenis ban yang tahan terhadap medan tersebut. 

Berat Ban
  
Kalau kamu adalah atlit sepeda balap profesional maka ban jenis ini adalah wajib. JIka bukan maka daya tahan dan performa lebih penting.

 Berapa Lebar yang Diinginkan?
Ini rumus dasar yang berhubungan dengan lebar ban sepeda: lebih tipis = lebih cepat, karena sedikit kontak dengan jalanan. Tapi ban yang tipis membutuhkan tekanan udara yang tinggi sehingga lebih keras dikendarai.
Ban lebih lebar membuat bersepeda lebih stabil, karena lebih banyak permukaan kontak dengan jalanan. Juga membuat mencengkram lebih baik pada permukaan tidak rata.
Ban yang sesuai dengan diameter rim/pelek lebih cocok, kalau lebih besar akan menyulitkan untuk membersihkan frame dan rem.

Dan yang terakhir,mau pilih ban yang wired atau folding .....yang penting budget cocok dengan kantong

0 komentar:

Poskan Komentar