9 Januari 2013

5 Manfaat Menakjubkan Sirsak

 Buah sirsak mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 
Mengontrol nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah dehidrasi dan menyembuhkan kanker.

Sirsak merupakan buah yang awalnya tumbuh liar di Amerika Selatan, Bermuda, Meksiko, Peru, Argentina dan Bahama.

Namun, sekarang kita dapat dengan mudah menemukannya di supermarket dan pasar tradisional.

Lantas, apa yang membuat sirsak begitu populer sekarang? Ternyata, kandungan gizi sirsak terbukti menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk kanker.

Berikut beberapa manfaat menakjubkan dari buah sirsak, seperti dilansir Livestrong.

1. Serat
Sirsak mengandung banyak serat untuk memfasilitasi gerakan pencernaan dan usus, dan dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Selain itu, buah ini juga dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan dan kontrol berat badan.

2. Karbohidrat
Secangkir sirsak mengandung karbohidrat hampir 38 gram, yang merupakan sumber energi utama tubuh. Asupan karbohidrat harian Anda harus mencapai 45-65 persen dari kalori tubuh, yaitu 225-325 gram per hari untuk diet 2.000 kalori. Selain itu, jenis karbohidrat yang terkandung dalam buah yang jauh lebih sehat dari yang ditemukan dalam soda atau kue, karena dapat memicu kenaikan gula darah.

3. Kalium
Sirsak merupakan makanan sehat yang dapat meningkatkan asupan kalium untuk tubuh Anda. Kalium sangat penting bagi tubuh karena membantu otot-otot, tulang kontraksi, pencernaan dan mengatur tingkat tekanan darah yang sehat.

4. Vitamin C
Buah sirsak sangat kaya akan vitamin C. Perempuan harus memenuhi asupan 75 mg vitamin C per hari, sedangkan lelaki sekitar 90 mg per hari. Vitamin C berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan penyakit, termasuk kerusakan kulit, dan menyembuhkan luka. Selain itu, vitamin C juga dianggap sebagai antioksidan yang bisa melawan kerusakan akibat radikal bebas.

5. Air
Secangkir sirsak mengandung hampir 183 gram air. Menurut MayoClinic.com, kebanyakan orang perlu 8-9 gelas air setiap hari. Buah dengan kadar air yang tinggi, termasuk sirsak, dapat membantu mencegah dehidrasi.

Nah, kini Anda sudah tahu kan apa saja manfaat yang terkandung dalam buah sirsak? Jadi, perlu ragu lagi untuk menikmatinya dengan berbagai variasi olahan seperti dibuat jus atau smoothie.

0 komentar:

Posting Komentar