4 Januari 2013

Kota Ini Melarang Penjualan Botol Air Mineral

Sebagai upaya untuk menyelamatkan lingkungan, kota kecil Concord di Massachusetts, Amerika Serikat, melarang penjualan botol air mineral di bawah 1 liter mulai 1 Januari 2013. Peraturan ini mulai berlaku sejak kampanye antibotol plastik kecil digaungkan tiga tahun silam.

“Agar masyarakat berubah, Anda harus membuat peraturan yang memaksa mereka agar tak membeli botol plastik kecil,” kata Jean Hill, ketua tim kampanye kepada New York Times, Kamis, 3 Januari 2013. Daripada membeli air kemasan, masyarakat diimbau agar membawa botol minuman sendiri atau meminum dari air keran yang aman dikonsumsi manusia.

Jika tertangkap tangan membeli botol minuman di bawah satu liter, warga kota akan memperoleh peringatan. Jika tertangkap lagi, akan dikenai denda sebesar US$ 25 dan meningkat menjadi US$ 50 untuk pelanggaran selanjutnya.

Namun pemerintah Kota Concord tidak membatasi penjualan botol minuman di bawah 1 liter selain air mineral. Data menunjukkan warga Amerika Serikat mengkonsumsi 50 juta botol kecil air mineral maupun soda setiap tahun.

Ide ini telah dilakukan oleh kota kecil di Australia, Bundanoon, sejak 2009. Larangan serupa juga berlaku di 90 universitas di seluruh Amerika Serikat.

Sumber : Tempo

0 komentar:

Posting Komentar