11 Januari 2013

Cara Menghilangkan Bau Mulut

 Ogah Bau Mulut, Cari Yuk Penyebabnya

Mungkin masih ada diantara anda yang belum tahu bagaimana cara menghilangkan bau mulut paling praktis. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa masalah bau mulut ( Halitosis atau aroma napas tak sedap ) bisa membuat atau mendatangkan ketidakpercayaan diri bagi yang mengalaminya. Biasanya, orang yang sedang mengobrol dengan anda akan "jaga jarak" gara-gara masalah bau mulut yang anda alami.


Jika memang bau mulut sudah benar-benar melanda diri anda, segeralah cepat bertindak untuk mengatasinya. Apalagi di bulan-bulan tertentu, misalnya bulan puasa, biasanya masalah bau mulut ini akan begitu terasa bagi anda yang memang menjalankan ibadah puasa. Tetapi masalah ini bisa muncul kapan saja, tidak hanya ketika sedang berpuasa, hari-hari biasa pun sangat banyak orang yang mengalami gangguan mulut yang berbau tidak sedap ini.

Faktor Penyebab Bau Mulut

1. Faktor Yang bersumber dari dalam mulut
  • Kebersihan mulut dan gigi
  • Jenis makanan yang dimakan
  • Penyakit pada gigi, mulut dan gusi.
2. Faktor Yang bersumber bukan dari dalam mulut
  • Penyakit sistemik seperti penyakit ginjal, sirosis hepatis, diabetes melitus, TBC paru
  • Penyakit pada saluran pencernaan

Berikut beberapa CARA MENGHILANGKAN BAU MULUT paling praktis :

1. Jauhkan diri anda dari rokok
Begitu besar jumlah perokok aktif di dunia, khususnya lagi negara kita, Indonesia. Padahal sudah jelas-jelas terdapat begitu banyak efek negatif yang ditimbulkan dari rokok. Lebih spesifik lagi adalah pengaruhnya terhadap bau mulut. Ternyata merokok dapat mengurangi aliran air liur dan berperan besar memperparah bau mulut. Perokok aktif sangat rentan terkena masalah ini karena kebiasaan buruknya, yaitu merokok. Jadi, mulai sekarang, berhentilah merokok, dan bagi yang tidak menjadi seorang perokok aktf, jangan sampai anda mencoba-coba mengenal rokok. No rokok=No bau mulut.

2. Hindari makanan berbau menyengat
Berbagai jenis bahan makanan tersaji di dunia ini. Manusia hanya tinggal meramu dan memasak saja bahan-bahan makanan tersebut agar bisa dan layak dikonsumsi. Ada juga yang memang hanya tinggal memakannya saja tanpa perlu melalui proses pemasakan. Dalam kaitannya dengan bau mulut, ternyata makanan juga mempunyai peran yang sangat penting dalam hal menimbulkan bau mulut. Lebih mengerucut lagi adalah makanan seperti durian, bawang merah dan bawang putih,jengkol,petai dan lain-lainnya yang memang terkenal mempunyai bau yang sangat menyengat. Jadi mulai sekarang hindarilah atau kurangilah porsi memakan makanan yang berbau menyengat untuk bisa terbebas dari masalah bau mulut.

3. Sikat gigi
Sudah bukan rahasia lagi jika gosok gigi / sikat gigi  merupakan salah satu cara yang manjur untuk bisa mencegah dan mengatasi permasalah bau mulut. Jangan lupa juga anda gosok / sikat lidah anda dalam rangka meminimalisir terjadinya bau mulut. Dengan anda rajin dan rutin minimal dua kali sehari menggosok gigi dan lidah anda, bau mulut bisa teratasi dengan mudah. Anda ingat kan, "kebersihan adalah sebagian dari iman".

4. Berkumur
Ternyata berkumur bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi maslaah bau mulut. Berkumur dengan air putih / air bisa menjadikan nafas kita menjadi lebih segar dan merangsang air liur. Partikel makanan yang tertinggal di mulut pun kemungkinan besar bisa dihilangkan dengan aktifitas berkumur ini. Pada jaman sekarang juga sudah banyak ditemukan anti bakteri obat kumur. Jika anda berminat membelinya, obat kumur ini bisa memberikan perlindungan ekstra, karena mampu mengurangi plak penyebab bakteri. Dengan begitu, sudah sangat jelas bahwa berkumur bisa menangkal bau mulut. Mulai sekarang rajinlah berkumur.

5. Konsumsilah yoghurt
Yoghurt yang tidak berasa / yoghurt yanpa gula bisa anda jadikan pilihan untuk mengatasi masalah bau mulut anda. Karena menurut peneitian para ahli, mengkonsumsi yoghurt setiap hari bisa mengurangi bau mulut, karena selain yoghurt bisa mengatasi bakteri penyebab bau mulut, ternyata yoghurt juga bisa mengurangi penyakit gusi dan plak. Mulai sekarang cobalah rutin mengkonsumsi yoghurt.

6. Daun sirih
Salah satu cara alami mengusir bau mulut secara alami yang sepertinya pantas anda coba. Bagaimana caranya? ternyata sangat mudah. Pertama anda siapkan 4 sampai 7 helai daun sirih. Setelah itu rebuslah daun sirih tersebut dengan air ( 4 gelas air ) hingga mendidih. Diamkan sampai dingin dan langkah terakhir adalah berkumurlah dengan air rebusan daun sirih tersebut. Selamat mencoba.

7. Jagalah kesehatan gusi
Mulai sekarang anda harus memberikan porsi lebih dalam menjaga kesehatan gusi anda jika ingin bebas dari jeratan bau mulut. Karena bakteri yang menumpuk di kantong di pangkal gigi, bisa menyebabkan bau yang tidak sedap.

8. Hindarilah mulut yang kering
Mulut yang selalu basah, kemungkinan terserang bau mulut lebih kecil bila dibandingkan dengan mulut yang kering. Karena, pada mulut yang kering, bakteri penyebab bau mulut bisa lebih cepat berkembang. Jadi, mulai sekarang jagalah mulut anda tetap basah.

9. Permen karet
Terkait dengan bagaimana menjadikan mulut tetap basah diatas, anda bisa mencoba permen karet tanpa gula. Dengan anda mengunyah permen karet ini, produksi air liur secara alami di mulut anda akan bertambah. Dengan begitu, mulut akan menjadi lembab dan terbebas dari bau mulut. Dan tahukah anda bahwa ternyata mengunyah  permen karet merupakan mekanisme pertahanan mulut terhadapa asam plak.

10. Wortel,seledri dan apel
Konsumsilah ketiga sayur dan buah ini dalam usaha untuk menghilangkan bau mulut anda. Untuk mempermudah, anda bisa membuat juz dari ketiga bahan buah dan sayur ini. Sebenarnya hampir semua buah dan sayur yang mengandung serat tinggi, mempunyai khasiat dalam mencegah dan menghilangkan bau mulut. Selamat mencoba cara ini.

11. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin C tinggi.
Terkait dengan bau mulut, makanan dengan kadar vitamin C tinggi, seperti jeruk, strawberry,melon dan lain-lainnya ternyata bisa menjadi salah satu solusi untuk menangkal bakteri penyebab bau mulut. Dan terkait dengan kesehatan gusi diatas, buah atau makanan yang mempunyai kandungan vitamin C tinggi ini bisa menjadi pilihan untuk menjaga gusi anda tetap sehat. Dengan gusi yang sehat, bau mulut bisa diminimalisir bahkan dihilangkan. jadi, perbanyak / rutinlah mengkonsumsi buah dan makanan bervitamin C tinggi.

12. Periksa ke dokter gigi
Wajib hukumnya. Minimal 6 bulan sekali. Dokter gigi akan bisa lebih dalam menganalisa sebenarnya penyebab bau mulut anda dan bisa memberikan solusi terbaik jika memang cara-cara diatas belum juga memperlihatkan hasil yang maksimal. Karena, tahukah anda bahwa ternyata bau mulut bisa jadi merupakan indikasi adanya penyakit lainnya. Sebagai contohnya adalah penyakit : infeksi sinus, postnasal drip dari alergi, infeksi paru-paru, diabetes, atau penyakit hati dan ginjal. Jadi, mulai sekarang, rajin / rutinlah memeriksakan diri ke dokter gigi.

0 komentar:

Posting Komentar