11 Januari 2013

Inilah 7 Tips Tidur yang Sehat

 Headline
Menemui masalah dalam urusan tidur setiap harinya? Ubah pola tidurmu yang berantakan dari sekarang.

Di malam hari susah tidur? Di pagi hari susah untuk bangun? Hati-hati dengan itu! Jangan remehkan pola tidurmu yang berantakan. Hidup sehat didukung dari teraturnya waktu tidur di malam hari dan bangun di pagi hari.

Bangun pagi setiap harinya dan menetapkan pola hidup teratur dapat memberikan energi yang positif bagi kita dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Mengutip berita dari Lifehack, berikut adalah 7 tips tidur yang sehat:

1. Rutin Olahraga

Cobalah untuk berolahraga 20 sampai 30 menit sehari. Dengan berolahraga setiap harinya dapat membantu kamu untuk mudah tidur. Tidak usah selalu olahraga yang berat, cukup melakukan olahraga kecil seperti sit up atau push up.

2. Hindari kafein, nikotin dan alkohol

Hindari minuman yang mengandung kafein yang mengandung stimulan. Kandungan tersebut membantu orang untuk tetap terjaga. Hindari juga alkohol dan nikotin.

3. Bersantai sebelum tidur

Membaca atau mandi air hangat adalah salah satu aktifitas yang santai dan menyenagkan sebelum tidur. Dengan bersantai sebelum tidur, dapat membuat lebih mudah tidur.

4. Jemur badan dengan sinar matahari

Jika memungkinkan, berjemur dengan sinar matahari, atau menggunakan lampu yang sangat terang di pagi hari dapat membantu juga dalam pengaturan pola tidur. Para ahli merekomendasikan dengan menjemur badan selama satu jam sinar matahari pagi membantu orang-orang yang mengalami masalah tidur.

5. Jangan sering berbaring ketika terjaga

Jika kamu tidak bisa tidur, jangan hanya berbaring di tempat tidur. Melakukan hal lain seperti membaca, menonton televisi, atau mendengarkan musik, dapat membantu kamu merasa lelah dan mengantuk.

6. Kontrol suhu kamar

Mempertahankan suhu yang nyaman di kamar tidur adalah salah satu cara membantu kita mudah tidur. Suhu panas atau dingin yang ekstrim dapat menghambat kita untuk tidur.

7. Temui dokter
Ini adalah solusi bagi kamu yang sudah kronis. Jika kamu memiliki kesulitan tidur saat malam hari, atau kamu selalu merasa lelah pada keesokan harinya, maka kamu mungkin memiliki gangguan tidur dan harus konsultasi dengan dokter.

0 komentar:

Posting Komentar